8-Puzzle adalah representasi permainan teka-teki
yang dapat diselesaikan dengan mengurutkan atau menyusun komponen-komponen
pembentuknya sesuai dengan kondisi yang diinginkan. Komponen pada 8-Puzzle
adalah berupa kotak-kotak bernomor atau bergambar (sesuai kebutuhan) yang dapat
diacak sedemikian hingga menjadi suatu pola random yang dapat dicari jalan
penyelesaiannya. Sesuai namanya, 8-Puzzle terdiri atas 8 kotak dan 1 tempat
kosong yang dapat digerakkan dengan aturan tertentu. Aturan pergerakannya hanya
berupa empat (4) arah pergerakan, yaitu: atas, bawah, kanan, dan kiri. Serta
terlimitasi oleh ukuran dimensi papan yang ditempatinya. Pada 8-Puzzle,
batasannya adalah ukuran 3×3. Sehingga, 8 kotak yang dimiliki hanya dapat
bergerak dalam lingkup ukuran tersebut.
Disini saya akan menjelaskan cara
menyelesaikan puzzle tersebut menggunakan Algoritma
Greedy, dengan menggunakan 2 heuristik.
Algoritma Greedy membentuk solusi langkah per langkah. Terdapat banyak
pilihan yang perlu dieksplorasi pada setiap langkah solusi. Oleh karena itu,
pada setiap langkah harus dibuat keputusan yang terbaik dalam menentukan
pilihan.
Dalam
bahasan ini, fungsi heuristik yang akan kita tampilkan yaitu adalah sebagai
berikut.
·
h₁(n) : sebagai banyak kotak yang menempati tempat
yang salah.
·
h₂(n)
: sebagai total keseluruhan jarak tiap kotak yang menempati tempat yang salah
terhadap posisi kotak yang benar.
Initial
State dan Goal State yang dipakai disini adalah sebagai berikut.
Berikut
adalah penyelesaian dari fungsi heuristik yang pertama atau h1(n)
Dan
ini merupakan penyelesaian dari fungsi heuristik kedua atau h2(n)
Kesimpulan yang
dapat diambil dari pembahasan ini adalah penyelesaian yang paling optimal
adalah dengan menggunakan fungsi heuristik yang kedua atau h2(n)
dikarenakan pada h1(n) pemilihan state berikut nya sedikit sulit ini
diakibatkan oleh banyak nya heuristik yang sama besar.
Source :
http://whitenote03.blogspot.co.id/2016/10/penyelesaian-game-8-puzzle-menggunakan.html
https://andiktaufiq.wordpress.com/2010/04/16/8-puzzle-problem-bagian-1/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar